Robot Canggih Masa Depan Mengganti Pekerjaan Manusia

Robot Canggih Masa Depan Mengganti Pekerjaan Manusia

Robot Canggih Masa Depan Mengganti Pekerjaan Manusia – Sejak dulu, peneliti selalu meramaikan bahwa kemajuan teknologi yang pesat bisa mengakibatkan perkerjaan manusia akan tergantikan oleh teknologi. Hal itu mulai terbukti ketika robot-robot mulai bermunculan dan melakukan pekerjaan manusia. Perusahaan besar yang bergerak pada bidang industri, telah mengganti tenaga manusia dengan robot dalam bidang produksi dan pengemasan. Karena produk yang dihasilkan lebih sesuai standar mutu dan hasilnya pun lebih banyak dalam waktu yang singkat.

Artikel ini di dukung oleh : oddstruments

Seorang akademisi dari Future of Humanitu Institure Oxford University, Stuart Armstrong. Menjelaskan jika masa depan pekerjaan manusia dapat tergantikan oleh karya hasil kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). “Saat mesin sudah lebih pintar daripada manusia, maka kita menyerahkan roda kemudi kepada mereka.”

Kemunculan robot canggih ini sudah menjadi bagian besar dari sektor perusahaan yang bergerak pada bidang medis, pertanian, perawatan rumah, seni eksplorasi ruang angkasa, bahkan hingga kegiatan manusia selama pandemi. Sebagai contoh, teknologi Cloud Minds turut menyumbangkan ciptaanya untuk mendesinfeksi, mengukur suhu, mengantarkan makanan dan obat-obatan, serta menghiburstar medis dan pasien pada sebuah rumah sakit di Wuhan, Cina.

Beberapa perkiraan robot lainnya juga ikut akan menguasai dunia pada masa depan seperti : webbuilderscodex

1. Surena IV

Robot Canggih Masa Depan Mengganti Pekerjaan Manusia

Para peneliti Universitas Teheran telah membuat inovasi berbentuk robot humanoid yang memiliki nama Surena. Pertama kali diperkenalkan satu dekade lalu, Surena awalnya bukanlah sesuatu yang terlalu istimewa dibandingkan dengan robot-robot yang kita miliki sekarang.

Namun, Surena II dan Surena III 2015 menunjukkan peningkatan dalam berjalan dan ekspansi besar dalam kemampuan. Robotis Iran memulai debutnya di Surena IV awal tahun ini dengan robot yang menunjukkan kemampuan untuk meniru pose seseorang, untuk memegang botol air, dan bahkan menulis namanya di papan tulis. Surena IV berukuran dewasa dan gesit mampu mendeteksi wajah dan objek, serta pengenalan suara dan generasi. Ia bahkan bisa berjalan dengan kecepatan 0,43 mil per jam (0,7 kilometer per jam).

2. Aquanaut Transforming

Robot Canggih Masa Depan Mengganti Pekerjaan Manusia

Robot aquanaut ini dibuat oleh Houston Mechatronics. Ia memiliki kemampuan unik untuk berubah saat berada di bawah air, bergerak dari kendaraan submersible otonom (AUV), menjadi robot pemeliharaan humanoid (ROV). Dalam mode AUV-nya, ia dapat menempuh jarak hingga 124 mil (200 km) dalam satu pekerjaan, menyelesaikan tugas-tugas, seperti pemetaan dasar laut dan inspeksi area luas. Saat dalam mode ROV, dua lengan mekanis keluar dari tubuhnya, memberikannya kemampuan untuk melakukan perbaikan pada rig minyak dan jaringan pipa di lingkungan berbahaya yang tidak mudah diakses oleh manusia.

3. Honda Asimo

Robot Canggih Masa Depan Mengganti Pekerjaan Manusia

Sebagai salah satu robot humanoid paling canggih dunia, meskipun baru-baru ini telah pensiun. Berkat sistem AI-nya yang kompleks, robot dapat terus belajar dari lingkungannya. Robot berkaki dua itu bisa menjaga dirinya tetap tegak, stabil, dan bergerak pada banyak lingkungan yang berbeda. Robot ini juga dapat belajar cara berjalan dalam pengaturannya hampir secara mandiri.

4. Sophia

Robot Canggih Masa Depan Mengganti Pekerjaan Manusia

Mesin cerdas ini dengan tujuan meniru perilaku manusia dan untuk menginspirasi perasaan cinta dan kasih sayang pada manusia. Robot itu bahkan bisa mengekspresikan emosi menggunakan wajahnya yang mirip manusia. Sejak pada tahun 2016, Sophia telah muncul pada sampul majalah Elle, membuat puluhan penampilan global, dan bahkan menjadi warga negara Arab Saudi resmi. Menariknya, Sophia pernah mendapatkan penobatan sebagai juara Inovasi pertama Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan merupakan non-manusia pertama yang mendapat gelar dari PBB.

5. Digit

Robot Canggih Masa Depan Mengganti Pekerjaan Manusia

Agility Robotics, Digit sebagai perusahaan pembuatnya. Robot Digit adalah robot yang gesit dan ‘tanpa kepala’. Seukuran manusia kecil, memiliki sensor, robot dapat menavigasi tangga, melintasi berbagai rintangan, dan bergerak melintasi berbagai medan.

Robot Digit dapat berguna untuk keberlangsungan layanan pengiriman paket, serta mengetahui informasi spesifik terkait pengiriman paket seperti yang mana posisi yang lebih pelanggan sukai untuk meninggalkan paket, dan kebutuhan pengiriman lainnya.