Manfaat Robot Dalam Dunia Pendidikan

Manfaat Robot Dalam Dunia Pendidikan

Manfaat Robot Dalam Dunia Pendidikan – Teknologi dan aplikasi robot terus berkembang secara cepat. Akan tetapi, perencanaan robot harus mengatasi beberapa masalah. Pengendalian berkaitan erat dengan strategi yang memungkinkan sebuah komputer berperan sebagai otak dalam sistem pengendalian. Mengarahkan gerakan-gerakan dari sebuah alat terkendali tersebut ke komputer. Robot adalah peralatan elektro mekanik atau bio mekanik atau gabungan peralatan yang menghasilkan gerakan otonomi maupun berdasarkan gerakan yang terperintah.

Artikel ini di dukung oleh : oddstruments

Contoh perkembangan teknologi robot berkembang pesat terutama pada negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Jerman. Para guru mencoba melakukan pembelajaran dengan robot ini untuk memberikan suasana belajar yang menarik. Setiap sekolah berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam kualitas pendidikannya. Maka dari itu, disini kami akan memberikan informasi mengenai Berita Teknologi.

Namun belum banyak sekolah yang menggunakan robot pada dalam kelas karena harganya yang tidak terjangkau untuk semua orang. Beberpa guru yang telah memberikan ilmu dengan robot-robot tertentu menjadi kegiatan belajar yang unik dan berbeda.

Manfaat

Robotika telah banyak berperan dalam penyelesaian masalah seperti membantu prosedur medis yang rumit menjadi lebih mudah, membuat konstruksi bangunan yang lebih aman dengan simulasi, menggantikan manusia untuk melakukan pekerjaan yang berat dan masih banyak lagi. Penggunaan robotika sebagai teknologi simulasi telah dikembangkan oleh banyak peneliti dalam bidang pendidikan dan terbukti dapat menjadi media pembelajaran yang efektif. Hal ini ditandai dengan berubahnya cara belajar siswa dari pemahaman teoritis menjadi lebih berwawasan luas dengan pengujian teori di dunia nyata.

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : webbuilderscodex

1. Membantu Demonstrasi Konsep Abstrak

Beberapa mata pelajaran memiliki konsep yang abstrak dan sulit untuk memahaminya seperti sains dan matematika. Namun tidak semua siswa dapat menerima dengan baik konsep-konsep abstrak yang telah dijelaskan oleh guru dalam waktu yang singkat. Rancangan robot dalam bidang pendidikan dapat memudahkan guru dalam menjelaskan konsep-konsep abstrak tersebut.

Robot tersebut dapat terprogram sehingga guru dapat menciptakan pembelajaran visual. Guru dapat mendemonstrasikan konsep abstrak secara nyata melalui program pada robot. Siswa dapat melihat secara langsung penerapan fungsi untuk membuat twibbon.

2. Menjadikan Siswa Lebih Kreatif dan Inovatif

Namun dengan mengetahui cara dasar pembuatan robot, siswa akan lebih mudah untuk berkreasi dalam mengimplementasikan ide-idenya yang dipadukan dengan elemen robot. Hal inilah yang membuat siswa lebih kreatif dan inovatif saat pembelajaran berlangsung.

3. Membuka Pemikiran Komputasional

Guru berusaha mengubah minat siswa pada robot menjadi gairah sehingga siswa belajar bagaimana memprogram robot itu sendiri. Berpikir komputasional yang berkaitan penting karena berpikir ini merupakan kemampuan untuk memisahkan suatu objek menjadi beberapa bagian, memahami unsur-unsur individu dan menyusunnya kembali.

4 Komponen Robot

Robot yang dapat berguna untuk membantu manusia dalam berbagai kehidupan memiliki 4 komponen, yaitu :

  1. Manipulator : Tulang dari robot. Sistem mekanik ini berfungsi untuk memindahkan atau mengangkat benda kerja.
  2. Sensor : Berfungsi untuk mendeteksi setiap perubahan keadaan bagian manipulator.
  3. Akulator : Merupakan komponen penggerak yang berfungsi untuk menggerakkan atau mengontrol suatu sistem.
  4. Kontroler : Rangkaian elektronik berbasis mikroprosesor yang mengatur semua komponen dalam pembentukan fungsi kerja.