Tips dan Trik Melindungi Akun Facebook Dari Hacker

Tips dan Trik Melindungi Akun Facebook Dari Hacker

Tips dan Trik Melindungi Akun Facebook Dari Hacker – Facebook masih menjadi salah satu media sosial dengan jumlah [engguna terbesar di dunia. Karena itu, tidak heran jika banyak oknum yang mencoba mencari keuntungan secara ilegal dari jutaan akun yang terdaftar pada platform tersebut. Contohnya adalah hacker.

Artikel ini di dukung oleh : oddstruments

Untuk sebagian dari kita, facebook menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Facebook merupakan media bagi kita untuk berinteraksi dengan teman-teman dan rekan kerja, mengikuti kabar selebriti kesayangan, dan mengetahui berita-berita terkini. Beberapa dari kita juga melihat facebook sebagai perwakilan atau representasi diri sehingga saat akun diretas, kita akan merasa sangat malu. Akun facebook yang teretas bisa merusak reputasi, membeberkan informasi pribadi, atau bahkan membuat anda kehilangan uang.

Akun anda bisa jadi teretas jika anda mendapati adanya perubahan pada email atau kata sandi anda, perubahan pada nama atau tanggal ulang tahun anda, pengiriman permintaan oertemanan ke orang-orang yang tidak anda kenal, maupun tukisan atau postingan yang tidak anda buat. Parahnya lagi, para hacker ini bisa saja berpura-pura menjadi anda dan melakukan penipuan kepada teman atau keluarga.

Cara Melindungi Akun Facebook

Adakah cara untuk melindungi akun facebook anda dari serangan hacker? Tentunya ada dan cukup mudah. Tidak ada yang bisa menjanjikan akun facebook anda akan 100% aman, tapi dengan melakukan tips dan trik berikut ini yang sudah terangkum dari berbagai sumber :

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : webbuilderscodex

1. Ganti Password dengan kombinasi yang rumit

Jika Anda mulai curiga akun Facebook Anda kena hack, mengganti password adalah cara paling cepat dan mudah untuk mengamakannya. Dan walaupun Anda merasa akun Anda masih aman, ada baiknya Anda tetap mengganti password dengan kombinasi yang lebih rumit.

Gunakan password dengan jumlah minimal 10 karakter. Padukan antara huruf besar dan kecil, angka, serta tanda baca apapun yang memungkinkan. Semaki rumit dan panjang password Anda, semakin sulit bagi hacker untuk melakukan pembobolan. Mengganti password secara berkala setidaknya setiap 6 bulan sekali juga menjadi cara yang amat baik untuk melindungi akun Facebook Anda.

2. Hindari fitur Remember Password

Ketika Anda mengakses Facebook dari perangkat yang bukan milik Anda, misalnya di komputer kantor atau warnet, hindari mengaktifkan fitur ‘remember password’. Tapi bila tidak terlalu penting dan mendesak, akan lebih bijak jika Anda tidak melakukan login ke Facebook menggunakan perangkat asing.

3. Gunakan Fitur Peringatan Login

Facebook memiliki fitur canggih berupa “Peringatan Login”, yang akan langsung memberikan notifikasi apabila akun Facebook Anda diakses dari perangkat atau browser yang tidak dikenali. Canggihnya lagi, peringatan ini akan memberi tahu perangkat apa yang mencoba login beserta lokasinya.

Cara mengaktifkannya:
  • Buka Facebook lewat browser dan klik tanda panah ke bawah di pojok kanan atas
  • Pilih Pengaturan & Privasi
  • Klik Pengaturan
  • Pilih Keamanan dan Info Login
  • Scroll ke bawah lalu klik Edit di kolom Dapatkan Peringatan Tentang Login Tidak Dikenal
  • Pilih Dapatkan Pemberitahuan melalui opsi yang Anda inginkan, misalnya Notifikasi, Messenger, atau Email
  • Simpan Perubahan.

4. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Autentikasi Dua-Faktor adalah fitur yang akan meminta kode rahasia jika Anda ingin login dari perangkat baru. Kode rahasia tersebut akan muncul pada perangkat yang Anda percaya, misalnya smartphone pribadi Anda. Jadi selama smartphone tetap di tangan Anda, orang lain tidak akan mengetahui kode rahasia yang dikirimkan.

Cara mengaktifkannya:

  • Buka Facebook lewat browser dan klik tanda panah ke bawah di pojok kanan atas
  • Pilih Pengaturan & Privasi
  • Klik Pengaturan
  • Pilih Keamanan dan Info Login
  • Scroll ke bawah lalu klik Edit di kolom Gunakan autentikasi dua-faktor.