Mengenal Lebih Dalam Flashdisk

Mengenal Lebih Dalam Flashdisk

Mengenal Lebih Dalam Flashdisk – Saat ini merupakan era teknologi, aktivitas manusia tidak terlepas dari teknologi. Perangkat komputer adalah salah satu teknologi penting untuk membantu dan mempermudah manusia dalam menunjang aktivitas sehari-harinya. Komputer digunakan untuk sekolah, bekerja, hiburanm media kreasi, dan sebagainya.

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : webbuilderscodex

Tidak lepas dari banyaknya kegunaan dari komputer, untuk membantu kerja dari komputer tersebut adanya komponen-komponen pembantu. Sebagai contoh tempat penyimpanan seperti hardisk. Memiliki peran penting untuk menyimpang suatu data komputer. Adapun banyak jenis-jenis dari penyimpanan komputer ini, penyimpanan internal ataupun yang portable seperti memori card, hardisk eksternal, dan flashdisk.

Sejarah

Flash Disk atau Flash Drive adalah media penyimpan data yang menggunakan flash memory dan aksesnya menggunakan USB port. Flash disk menggunakan gabungan berbagai teknologi sehingga murah, konsumsi energi rendah dan berukuran kecil. Dasar teknologi untuk memori flash disk adalah EEPROM.Flashdisk saat ini memiliki kapasitas yang cukup besar, sehingga pengguna bisa menyimpan berbagai file di dalamnya. Pada awal terciptanya, flashdisk hanya memiliki kapasitas 8 MB.

Flashdisk ini diciptakan oleh ilmuwan asal Jepang yaitu Dr Fujio Masuoka. Pria kelahiran 8 Mei 1943 ini menjadi pencipta flashdisk pertama di dunia. Dalam perkembangannya, Dr Fujio hanya membutuhkan waktu dua bulan guna menemukan struktur baru yaitu memori jenis MOS yang dikenal dengan nama Samos dan akhirnya menjadi hak patennya pada 1972. Diambil dari berbagai sumber, cikal bakal lahirnya flashdisk saat Dr Fujio mengembangkan flash memory 256Kbit. Dari situ ia berhasil mengembangkan proyek lainnya yakni NAND-type flash memory yang menjadi cikal bakal flashdisk itu sendiri

Pada 2001, , mulai memperlkenalkan perangkat kecil itu pada Amerika oleh IBM. Kala itu, dapat menyimpan ukuran data sebesar 8 MB. Memori Flash sendiri menjadi salah satu inovasi semikonduktor yang paling penting dari 1999-an Dalam perkembangannya, flashdisk mampu mentransfer data dengan frekuensi clock 480 Mb perdetik. Benda kecil ini pun mudah untuk membawanya ke mana-mana, selain itu juga bisa memasang sistem password agar tidak bisa terbaca oleh orang lain

Kini, flashdisk memiliki berbagai ukuran daya penyimpanan yang bervariasi yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Tidak hanya daya penyimpanannya yang terus mengalami perubahan, namun desain yang ditawarkan juga mulai mengalami perubahan.

Artikel ini di dukung oleh : oddstruments

Kelebihan

Berikut ini adalah beberapa kelebihan flashdisk yaitu:

1. Praktis

USB flash drive sangat praktis (portabel). Apabila membandingkannya dengan disket, zip drive dan CD , USB drive jauh lebih mudah dalam hal portabilitas. Bisa mengalungkannya pada leher, bahkan memasukan ke dalam saku. Dan flashdisk mudah dibawa karena bentuknya yang mungil.

2. Mudah Terhubung ke Komputer

Karena port USB berkonsep universal, membuat drive kecil ini memudahkan sobat untuk mentransfer dokumen atau file dari satu komputer ke komputer lainnya.

3. Memiliki Harga yang Murah

Flashdisk memiliki harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan baik untuk anak sekolahan maupun orang umum sekalipun.

Kekurangan

Berikut ini adalah beberapa kekurangan flashdisk yaitu:

1. Mudah Hilang

Karena memiliki ukuran yang cukup kecil, banyak orang yang tanpa sengaja kehilangan alat penyimpanan data tersebut. Terkadang lupa meletakannya dalam saku celana atau baju yang kemungkinan terendar air, dan menghilangkan data yang sudah ada.