5 Cara Efektif Menghilangkan Virus di Hp Android

5 Cara Efektif Menghilangkan Virus di Hp Android

5 Cara Efektif Menghilangkan Virus di Hp Android – Saat ini smartphone sudah menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa terlepas dari kehidupan setiap individu. Sehingga anda perlu merawatnya dengan baik agar tidak terserang virus. Ada banyak cara menghilangkan virus pada HP yang bisa anda lakukan, baik dengan aplikasi maupun tidak. Padahal, hal tersebut bisa dengan mudah asalkan mengikuti petunjuk yang sesuai.

Sama halnya dengan virus pada kehidupan manusia, virus pada hp merupakan sebuah penyakit, namun dalam bentuk program, Program ini menyerang sistem perangkat seluler dan bisa menimbulkan potensi kerusakan pada perangkat.

Artikel ini di dukung oleh : oddstruments

Pada dasarnya pembuatan virus ini merupakan sebuah program yang dengan maksud mengacau atau membuat suatu sistem/program pada sebuah perangkat tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Adapun tujuannya yang berbeda-beda, tergantung motivasi si pembuatnya. Ada yang memang sengaja dibuat dengan tujuan tertentu (mendapatkan keuntungan) atau hanya sekedar iseng, menjajali kemampuan yang dimilikinya.

Namun apapun itu tujuannya, tentu keberadaan virus sangat merugikan. Dan bukan hanya menyerang laptop atau komputer PC saja, nyatanya saat ini virus juga mengincar pengguna smartphone atau hp.

Cara Menghilangkan Virus

Virus bisa menyerang smartphone kita ketika kita mengakses situs atau link yang ternyata adalah virus. Selain itu, virus juga bisa berasal dari perangkat lain yang pernah terhubung dengan smartphone kita. Berikut adalah cara menghilangkan virus dari smartphone kamu yang sudah terangkum dari berbagai sumber.

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : webbuilderscodex

1. Masuk Ke Safe Mode

Masuk ke safe mode adalah salah satu cara untuk menghilangkan virus di HP. Ketika Anda menggunakan safe mode, artinya Anda hanya akan mengoperasikan aplikasi bawaan smartphone sehingga HP Anda bekerja lebih ringan.

Memang ketika berada pada mode ini semua aplikasi Anda akan hilang, namun tenang saja sebab itu hanya berlangsung sementara. Keuntungan jika masuk safe mode, Anda bisa berpindah-pindah aplikasi tanpa hambatan. Anda juga dapat dengan mudah menghapus virus maupun data-data tidak penting seperti cache.

2. Cek Aplikasi di Safe Mode

Langkah berikutnya, lakukan pengecekan terhadap aplikasi yang terpasang dalam keadaan safe mode. Caranya masuk ke Setting > Apps > Downloaded. Jika Anda menemukan aplikasi yang dirasa tidak pernah Anda pasang sebelumnya, maka itu pertanda smartphone Anda terkena virus.

3. Hapus Aplikasi Mencurigakan

Cara menghilangkan virus di HP dengan mudah adalah dengan menghapus aplikasi mencurigakan. Jika Anda menemukan aplikasi aneh, lebih baik segera hapus aplikasi tersebut. Namun jika ternyata virus sudah masuk ke akses administrator, biasanya akan sulit menghapusnya, bahkan tidak dapat di-uninstall.

Berikutnya, Anda bisa menghapus akses administrator aplikasi asing sebagai cara menghilangkan virus di HP tanpa antivirus. Caranya, pilih Settings > Security > Device Administrator. Lalu coba hapus akses administrator tersebut.

4. Keluar dari Safe Mode

Apabila proses penghapusan aplikasi tak dikenal sudah selesai, Anda bisa keluar dari safe mode dan melakukan restart HP seperti biasa. Jika cara tersebut berhasil, maka virus di smartphone Anda sudah hilang.

5. Menggunakan Google Play Protect

Selain menggunakan safe mode, cara menghilangkan virus di HP juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan Google Play Protect. Ini adalah sistem perlindungan yang sudah diselipkan oleh Google pada semua pengguna Android. Jadi, sistem tersebut bekerja layaknya antivirus.

Anda bisa menemukan Google Play Protect di Google Play Store. Adapun cara mudah mengoperasikannya yakni:

  • Masuk ke menu Play Store

  • Klik Option

  • Scroll layar ke bawah hingga menemukan Play Protect

  • Scroll layar ke bawah lalu aktifkan opsi Scan device for security threats dan Improve harmful app detection.

Ada banyak pilihan cara menghapus virus di HP Android yang bisa dilakukan, mulai dari masuk ke dalam Safe Mode hingga mencopot aplikasi tidak dikenal. Selain itu, penting bagi Anda memasang antivirus untuk HP guna menghindari serangan malware. Anda bisa menggunakan antivirus dari McAfee yang terpercaya dan memberikan perlindungan tinggi bagi device Anda.