Sejarah dan Pengertian Internet

Sejarah dan Pengertian Internet

Sejarah dan Pengertian Internet – Kehidupan manusia modern tidak bisa terlepas dari jaringan internet. Sebab internet adalah suatu sistem jaringan yang dapat menhubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya. Sejarah internet mulai dengan pengembangan komputer elektronik sekitar pada tahun 1950-an. Internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite.

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : webbuilderscodex

Selain komputer, saat ini internet juga bisa menghubungkan berbagai macam gawai dan melayani miliaran pengguna seluruh dunia. Keberadaan internet memungkinkan seseorang dapat mencari informasi yang dia inginkan. Misalnya mecari berita terbaru atau mengakses layanan streaming untuk menonton serial drama favoritnya. Hal tersebut berkaitan juga dengan pengertian internet adalah sebuah jaringan komunikasi global yang terbuka.

Internet adalah jaringan komunikasi globalyang menghubungkan jaringan antara komputer seluruh dunia. Singkatan dari Interconnected Network ini memungkinkan kita berbagi informasi dan berkomunikasi dari mana saja dan dengan siapa saja. Standar teknologi pendukung secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP). TCP/IP ini merupakan protokol pertukaran paket, dalam istilah asingnya Switching Communication Protocol.

Sejarah

Internet pertama kali muncul pada tahun 1969 dengan bentuk sebuah jaringan komputer buatan ARPA.  ARPA (Advanced Research Projects Agency) membangun jaringan internet pertama yang kemudian memiliki nama ARPANET. Pada tahun 1990 ARPANET  inilah yang menjadi cikal bakal terbentuknya jaringan internet yang kita kenal saat ini.

Di tahun 1980-an, barulah mulai penggunaan internet oleh kalangan terbatas dan menjalankan fungsinya dengan menghubungkan berbagai kampus atau universitas yang populer di Amerika Serikat sendiri.

Protokol standar dari TCP/IP sendiri mulai terekspos ke publik pada tahun 1982. Adanya nama domain juga sudah mulai empat tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1984. Lalu, National Science Foundation Network (NSFNET) mendirikan dan mulai mengembangkannya pada tahun 1986.

NSFNET inilah yang mulai menggantikan peranan dari ARPANET sebagai suatu wadah riset terkait di Amerika Serikat. Beberapa jaringan internasional pada banyak negara akhirnya mulai dikembangkan dan dihubungkan lewat NSFNET tersebut.

Namun memang internet hasil pengembangannya itu sendiri tetap berkembang terus-menerus hingga sekarang ini. Dulu, informasi yang dapat dimiliki lewat internet cuma informasi yang berbasis teks. Dan pada tahun 1990, layanan sejenis berbasis tampilan grafis yang dikenal sebagai WWW (World Wide Web) mulai dikembangkan lagi oleh CERN.

Pengertian Menurut Para Ahli Indonesia

Berikut ini kami akan memberikan berbagai macam definisi internet yang bisa Anda baca juga untuk menambah wawasan

Oetomo (2002)

Menurut Oetomo internet adalah singkatan atau singkatan dari international network, yang didefinisikan juga sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan-jaringan kecil saling terhubung satu sama lain.

Onno Purbo (2005)

Definisi internet menurut Purbo adalah suatu media yang dipakai untuk mengefesiensikan proses komunikasi yang disambungkan lewat berbagai aplikasi semacam Web, VoIP, E-mail.

Supriyanto (2006)

Menurut Supriyanto Internet adalah suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan juga dengan jaringan di dunia yang punya sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda-beda, dimana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi semacam telepon dan satelit yang memakai protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol).

Ramdhani (2003)

Menurut Ramdhani internet adalah suatu sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang bisa menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, hingga perorangan.

Harjono (2009)

Menurut Harjono, internet adalah kumpulan dari beberapa komputer, yang bahkan bisa mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang saling berhubungan serta saling terkoneksi satu sama lainnya. Agar komputer bisa saling terkoneksi satu sama lain, maka memerlukan media untuk saling menghubungkan antar komputer. Media yang bisa menggunakan kabel/serat optik, satelit atau lewat sambungan telepon.