3 Robot Memudahkan Jemaah Haji

3 Robot Memudahkan Jemaah Haji

3 Robot Memudahkan Jemaah Haji – Pandemi Covid-19 mengubah banyak hal, termasuk tradisi tahunan seperti ibadah haji yang dilakukan umat Muslim di seluruh dunia. Seperti kita tahu, selama pandemi, banyak umat Muslim yang tertunda dalam melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci.

Namun, seiring kondisi Covid-19 yang semakin membaik, kesempatan menunaikan ibadah haji di Tanah Suci pun kembali dapat dilaksanakan. Tidak hanya itu, banyak pula perubahan serta kemajuan teknologi yang akan dirasakan jamaah haji tahun ini.

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : webbuilderscodex

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan kehidupan semakin mudah. Sama halnya seperti robot khusus untuk memandu para jemaah haji dan umrah di Masjidil Haram, Mekah. Kepresidenan Masjid Nabawi berinisiatif untuk melayani para tamu Allah yang datang ke kota suci untuk beribadah haji maupun umrah.

Pemerintah Arab Saudi mengadopsi teknologi robot canggih untuk memberikan pelayanan maksimal kepada jemaah haji. Mengingat setiap tahunnya ada ratusan ribu jemaah haji yang melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah. Berikut adalah 3 robot yang membantu dan memudahkan jemaah haji.

1. Robot Pemandu

Robot pemandu berguna untuk memberikan panduan kepada para peziarah haji dan umrah. Tugasnya mulai dari memberi panduan tentang tata cara melakukan ritual ibadah, sampai memberikan fatwa tentang masalah hukum untuk melakukan umrah. Kemampuan robot pemandu dapat menjawab pertanyaan jemaah dalam 11 bahasa. Yaitu bahasa Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Malawi, Urdu, China, Bengali, dan Hausa.

Jemaah bisa menemukan robot ini pada halaman Masjidil Haram, dekat Gerbang Raja Abdulaziz. Robot ini dapat mengakses informasi dari berbagai buku, serta saran yang diberikan oleh para cendekiawan serta ulama dari seluruh dunia. Pertanyaan berkisar seputar ritual umrah selama Ramadhan. Mayoritas orang yang berinteraksi dengan robot itu adalah orang Saudi, Suriahm Pakistanm atau India.

Robot ini memiliki roda empat, layar sentuh 21 inci, serta sistem kamera depan dan bawah beresolusi tinggi. Canggihnya, robot ini bekerja melalui jaringan WiFi dengan kecepatan 5 gigahertz yang memungkinkan transmisi data secara cepat.

2. Robot Sterilisasi

Demi menjaga agar ibadah dapat berjalan aman dan mengurangi risiko penularan Covid-19, pengurus Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah menyediakan perangkat robot pintar untuk berkontribusi pada pekerjaan sterilisasi. Robot dapat beroperasi sesuai dengan sistem kontrol otomatis dan bisa memastikan lingkungan yang lebih aman, sehat dan bersih dengan sterilisasi yang cerdas.

Mempunyai alat sterilisasi yang menampung lebih dari 23,8 liter, dengan tingkat konsumsi 2 liter per jam. Kerennya lagi, robot ini mampu bekerja selama lima hingga delapan jam tanpa campur tangan manusia.

3. Robot Pengantar Air Zamzam

Teknologi menarik lainnya yang dapat dijumpai jamaah haji adalah robot pengantar air zamzam. Pemerintah Arab Saudi telah menyediakan robot pembawa air zamzam pada sekitar Masjidil Haram.

Hal ini agar para jemaah haji tidak berdesakan saat akan mengambil air suci ini. Adanya robot ini juga sebagai upaya menghindari penyebaran Covid-19.

Satu robotnya dapat mengantarkan atau mendistribusikan sekira 30 botol air zamzam. Selain itu, robot pintar ini juga bisa bekerja selama 8 jam tanpa bantuan manusia.