Teknologi Yang Membantu Saat Pandemi

Teknologi Yang Membantu Saat Pandemi

Teknologi Yang Membantu Saat Pandemi

Teknologi Yang Membantu Saat Pandemi – Siapa yang menyangka, adanya pandemi Covid-19 akan banyak mengubah banyak hal termasuk tren penggunaan teknologi, seluruh aspek kehidupan terkena dampak pandemi Covid-19. Pada umumnya teknologi memiliki banyak manfaat dalam berbagai aspek kehidupan manusia baik teknologi sederhana hingga teknologi modern dan digital. Kemajuan teknologi pada era modern, saat ini hampir semua masyarakat dapat menikmati dan merasakan dari berbagai kalangan baik penduduk desa maupun penduduk kota metropolitan.

Baca Juga Artiket dan Tips Menarik Lainnya Di : webbuilderscodex

Teknologi sudah ada sejak jaman dahulu kala dan mempunyai peranan penting juga dalam memenuhi kebutuhan manusia yang semakin bertambah banyak. Mulai dari berinteraksim belajarm membaca berita, transaksi dan lain sebagainya yang memakai produk-produk Teknologi Informasi.

Perkembangan teknologi telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban manusia, pekerjaan yang sebelumnya menuntut kekuatan dan kemampuan fisik, perangkat mesin-mesin otomatis kini sudah bisa menggantikannya. Walaupun pasti ada hal negatif yang timbul akibat perkembangan teknologi.

Pandemi Cocid-19 telah mendorong untuk melakukan transformasi ekonomi, yang mana peran teknologi digital menjadi sangan penting dalam upaya percepatan perizinan, penyederhanaan birokrasi serta reformasi regulasi. Berikut adalah beberapa peranan teknologi yang sering kita gunakan selama masa pandemi berlangsung.

Teknologi Pada Masa Pandemi

E-Commers

Tren pertama adalah perubahan belanja lewat online yang terus menjadi kebutuhan masyarakat. Dampak pandemi ini cukup banyak membuat perubahan, salah satunya dalam hal teknologi e-commerce yang semakin populer. Kalangan UMKM harus lebih melek mengenai teknologi yang berkecimpung dunia digital agar bisanin tetap bisa berjalan walau pada masa pandemi. Pemerintah pun memaksa masyarakat untuk lebih melek mengenai teknologi agar semakin terbiasa terutama  pada masa pandemi ini.

Sistem Pembayaran Online

Setiap sistem pembayaran digital memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mengetahuinya, baiknya Anda mengetahui terlebih dulu jenis-jenis instrumen pembayaran digital yang umum dipakai. Adapula jenis jenis sistem pembayaran digital sebagai berikut :

1. E-Wallet

Dompet digital (E-Wallet) yang penggunaannya untuk menyimpan uang dan melakukan transaksi. Penggunaan E-Wallet kebanyakan pada saat belanja online dan offline dengan cara memindai QR code. Pengguna cukup mengunduh aplikasi e-wallet di ponsel dan mendaftarkan nomor yang digunakan untuk login.

2. E-Money

Uang elektronik (E-Money) adalah alat pembayaran digital berupa uang yang tersimpan di kartu chip. Contoh e-money di Indonesia, antara lain Brizzi dari BRI dan Mandiri E-money. Jika ingin mengisi ulang uang elektronik, pengguna perlu mengirimkan sejumlah uang ke bank penerbit kartu e-money alias sistem top-up. E-money kini dipakai sebagai pengganti uang tunai untuk berbelanja maupun untuk membayar transportasi umum dengan cara men-tap kartu e-money ke mesin dan saldo akan otomatis berkurang.

Teleworking

Kerja jarak jauh (Teleworking), adalah sistem kerja yang mana pekerja melakukan suatu aktivitas tanpa perlu muncul secara fisik di tempat kerja. Jenis organisasi kerja jarak jauh ini dimungkinkan karena pemrosesan elektronik, dan penggunaan telekomunikasi, yang memungkinkan berbagi informasi dan komunikasi yang baik antara perusahaan dan pekerja.

Telemedicine

Melalui telemedicine, Anda dapat berkomunikasi dengan dokter umum dan dokter spesialis secara virtual. Telemedicine adalah penggunaan teknologi telekomunikasi agar pasien dapat mengakses layanan perawatan kesehatan sesuai yang dibutuhkan tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

Sayangnya, tidak semua penyakit dapat telemedicine tangani, khususnya masalah kesehatan yang memerlukan pemeriksaan langsung dan mendalam seperti gangguan kulit, mata, dan lainnya. Tiap aplikasi telemedicine memiliki fitur yang berbeda. Namun secara umum, fitur-fitur berikut paling banyak tersedia meski dengan nama yang berbeda.