Sejarah Awal 3 Generasi Komputer

Sejarah Awal 3 Generasi Komputer

Sejarah Awal 3 Generasi Komputer – Sebelum menjadi secanggih sekarang, cikal bakal komputer hanyalan sebuag mesin hitung sederhana, yang pada awalnya hanya mesin hitung untuk menghitung tabel angka. Seiring berjalannya waktum komputer mengalami perkembangan dengan berbagai fitur cangguh yang bermanfaat untuk mempermudah kegiatan umat manusia.

Secara harfiah, pengertian komputer adalah seperangkat alat elektronik otomatis yang bisa mengolah sekaligus alat untuk menghitung data sesuai intruksi dari penggunanya. Hasil pengolahannnya dapat terlihat, karena komputer mampu menjalankan sistem multimedia.

Keberadaan komputer sangat berdampak besar terhadap kehidupan manusia. Ini mengingat, segala aktivitas atau pekerjaan manual dapat terslesaikan dengan mudah dan juga cepat. Selain menjadi alat bantu untuk pekerjaan, komputer juga menjadi sarana dalam mengakses jaringan internet. Intensitas masyarakat Indoneisa mengakses jaringan internet cukup tinggi.

Mulai dari komputer berukuran raksasa yang memenuhi satu ruangan hingga kini kita telah mengenal juga Laptop, sejarah komputer memang cukup panjang. Kalau kamu mencari siapa penemu komputer pertama dan sejarahnya, Google akan memberikan beberapa nama ilmuwan hebat.

Sejarah Awal 3 Generasi Komputer

Charles Babbage yang merupakan seorang penemu komputer pertama kali sekaligus ahli matematika asal Inggris pada tahun 1822. Sebutan Babbage sebagai Bapak Komputer, awalnya ingin membuat sebuah mesin hitung yang dapat menghitung tabel angka dengan menggunakan tenaga uap.

Berikut informasi sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi.

Perkembangan Komputer

Generasi Pertama (1940-1959)

Sejarah Awal 3 Generasi Komputer

Komputer generasi pertama memiliki ciri-ciri utama yakni ukuran fisiknya yang besar. Karena ukuran fisiknya yang besar itulah maka memerlukan daya listrik yang besar juga. Adapun komponen yang penggunaanya adalah berupa tabung hampa udara. Programnya dalam bahasa mesin yang menggunakan konsep storage program. Menyimpan data di magnetic tape dan magnetic disk.

Contoh dari komputer generasi pertama adalah IBM 705 untuk industri pada tahun 1959 dan IBM 701 sebagai komputer komersial dalam ukuran besar pada tahun 1953.

Generasi Kedua (1959-1965)

Sejarah Awal 3 Generasi Komputer

Komputer generasi kedua menggunakan komponen berupa transistor yang lebih kecil daripada tabung hampa udara. Meski begitu, kapasitas memori utamanya cukup besar dengan proses operasi yang lebih cepat. Selain itu, komputer pada generasi kedua juga sudah memiliki kemampuan proses real-time, dan time sharing.

Perkembangan lain dari komputer generasi pertama ke generasi kedua terletak pada magnetic disk dan magnetic tape-nya yang sudah berbentuk removable disk. Contoh komputer generasi kedua diantaranya komputer PDP-5 dan PDP-8 yang dibuat sebagai komputer mini komersial pertama pada tahun 1963. Contoh lainnya yaitu IBM 1400, IBM 7070, NCR 300, dan sebagainya.

Generasi Ketiga (1965-1970)

Sejarah Awal 3 Generasi Komputer

Komputer generasi ketiga sudah memiliki ukuran yang lebih kecil karena menggunakan komponen IV (Integrated Circuits) sehingga hemat penggunaan listrik. Proses operasinya juga berjalan lebih cepat dan tepat dengan kapasitas memori yang jauh lebih besar. Magnetic disk yang digunakan memiliki sifat random access.

Komputer pada generasi ini juga sudah dapat melakukan multiprogramming dan multiprocessing, serta dapat melakukan komunikasi data antar komputer. Alat input dan output-nya juga semakin canggih dengan menggunakan visual display terminal. Contoh komputer generasi ketiga adalah PDP-11, CDC 3000, dan IBM S/30. NOVA.

Itulah pembahasan sejarah 3 generasi awal mula terciptanya komputer. Baca juga artikel menarik seputar teknologi lainnya : webbuilderscodex