Cara Mempercepat Windows 10

Cara Mempercepat Windows 10

Cara Mempercepat Windows 10

Cara Mempercepat Windows 10 – Bukan menjadi rahasia buat masyarakat jika peforma komputer (PC) atau laptop bakalan menurun siring berjalannya waktu. Apalagi, jika penggunanya gemar mengisi aplikasi dan menjelajahi hard disk/SSD dengan aneka file dan dokumen sampai telalu penuh. Untuk menjaga atau bahkan meningkatkan performa komputer dan laptop, khususnya untuk perangkat dengan sistem operasi Windows 10.

Windows 10 adalah sistem operasi paling banyak penggunanya saat ini karena memiliki beragam keunggulan apabila dibandingkan dengan cersi terdahulunya. Meski keunggulannya banyak, Windows 10 juga bisa lemot seiring lamanya pemakaian. kalah laptop atau PC kamu mengalami hal seperti ini, artinya OS pada PC/Laptop kamu perlu pengoptimasian. Itulah mengapa kamu membutuhkan cara mempercepat Windows 10 agar tidak lemot.

Sistem operasi WIndows adalah penguasa pasar tertinggi dalam segmen OS desktop. Baru-baru ini, Windows 10 dapat melampaui Windows 7 dan menjadi OS desktop paling populer di dunia, mesikup ada alternatid yang lebih stabil yaitu seperti Ubuntu tapi popularitasnya tidak bisa mengalahkan Windows.

Berikut ini adalah cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan peforma PC atau laptop dengan Windows 10 sebagaimana yang sudah terangkum.

Baca Juga Artikel dan Tips Lainnya Di : webbuilderscodex

Pengoptimalan PC atau Laptop

1. Bersihkan Hard Disk

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan ruang penyimpanan komputer dari beragam file sampah dengan fitur “Disk Cleanup“. Fitur tersebut bisa diakses dengan cara mengunjungi menu Start, kemudian mengetikkan kata kunci (keyword) “disk cleanup” lalu tekan Enter. Pada halaman selanjutnya, pilih hard disk mana yang ingin dibersihkan dan klik tombol “OK“. Lalu, pilih file apa saja yang ingin anda bersihkan dengan memberikan tanda “centang” pada kotak yang tersedia. Setelah itu, klik “OK” dan “Delete Files“.

2. Optimasi Hard Disk

Selain membersihkan, blok-blok memori pada penyimpanan juga tentu saja perlu dioptimasi (optimize) atau tata ulang (defragment) supaya bisa membaca dan menyimpan file dengan mulus. Melakukan proses ini dapat melalui fitur “Defragment and Optimize Drives”. Untuk mengoptimasi hard disk, Anda bisa mengetikkan keyword “defragment” di menu Start dan klik Enter. Lalu, pilih hard disk mana yang akan dioptimasi dan klik tombol “Optimize”. Tunggu sampai proses defragmentation selesai. Sama seperti disk cleanup, Anda bisa melakukan proses ini secara berkala.

3. Menonaktifkan Efek Animasi

Efek animasi pada Windows 10 memang membuat tampilan menjadi bagus, akan tetapi di sisi lain ada efek yang membuatnya kurang.

Tampilan desktop yang menarik juga akan membuat kinerja pada laptop kamu menjadi berat. Jadi sebaiknya kalau ingin kinerjanya lebih lancar, bisa pakai tema default saja.

Kamu bisa mematikan efek animasi dengan cara berikut ini :

  1. Klik Start Windows pada desktop.
  2. Kemudian ketik Control Panel dan buka menu tersebut.
  3. Selanjutnya pilih System.
  4. Lalu pilih tab Advanced System Settings.
  5. Setelah itu muncul jendela System Properties. Pilih tab Advanced.
  6. Lalu pada opsi Performance¸ klik Setting.
  7. Pada tab Visual Effects¸ pilih opsi Adjust for best performance. Lalu klik OK

Setelah kamu mematikan efek animasi, tampilan desktop akan sedikit berbeda dan tampak flat. Tapi keuntungannya kinerja laptop akan semakin terasa ringan.

4. Kurangi Durasi Boot Menu Timeout

Kamu pasti kesal kalau proses booting Windows 10 laptop kamu terlalu lama hingga masuk ke desktop.

Secara default, proses booting berjalan 30 detik. Namun, dalam kasus normal pun waktu 30 detik itu terlalu lama untuk proses booting laptop