Jangan Sampai Kalian Salah Baca Berita

Jangan Sampai Kalian Salah Baca Berita

Jangan Sampai Kalian Salah Baca Berita – Zaman digital sangatlah luar biasa canggih dan cepat. Segala nya dapat dengan mudah kita akses begitu saja. Tidak banyak berita yang beredar tentang kebohongan ada juga berita yang nyata. Sebagai sahabat webbuildercodex yang cermat kita harus dapat memilah berita berita yang bohong dan berita yang asli. Kemarin sempat viral berita tentang penemuannya Eril anak dari Ridwan Kamil yang sedang gencar di media berita hilang di sungai Swiss. Ternyata yang di temukan bukanlah Eril melainkan orang lain. Sahabat kita harus berhati hati selalu dalam memilih sumber berita.

Langkah termudah adalah kalian berhati hati akan adanya judul yang provokatif. Berita yang mengandung kebohongan sering kali menggunakan judul yang provokatif. Misalnya dengan langsung menunjuk jari ke pihak tertntu tanpa adanya kejelasan , kutipan atau fakta dasar yang kuat. Apabila menjumpai berita dengan judul provokatif, sebaiknya anda mencari referensi berupa situs online resmi yang sudah pasti terpercaya. Cermati alamat situs yang anda kunjungi sebagai referensi. Apakah alamat tersebut memang situs pembawa berita atau hanya tiba tiba menaikkan berita tanpa adanya kejelasan fakta berupa kutipan , foto ,atau video. Periksa fakta dengan media. Karena kecangihan sistem zaman sekarang pengecekan berita sangat lah mudah. Tidak memerlukan waktu yang lama untuk kalian melakukan pengecekan. Berita yang baru akan terus melakukan pembaruan terutama melalui media berita.

Jangan Sampai Kalian Salah Baca Berita

Langkah Jenius Cermati Berita Palsu

Unsur Berita Hoax

Jika kalian menumukan kata kata persuasif yang mengajak kita untuk menyebarluaskan berita tersebut. Sudah dapat dipastikan berita tersebut adalah berita hoax. Karena logikanya berita adalah hal yang perlu kita ketahui dan sudah cukup media menyampaikan pada kita berita seperlunya. Jika merasa penting orang tersebut akan meneruskannya tanpa adanya suruhan. Apabila tidak terlalu penting cukup tahu oleh diri sendiri saja.

Verifikasi Sumber

Seperti yang sudah dibahas jika sumber berita tersebut rancu atau tidak jelas. Tidak perlu lagi untuk kalian lanjutkan membaca. Perhatikan jika penyebar berita tidak mencantumkan bukti yang kuat maka itu sudah pasti hoax. Pada dasarnya berita hoax adalah berita yang mengandung opini dari pribadi seseorang dan bukan fakta.